Cara Membasmi Rayap Sampai Tuntas

Cara Membasmi Rayap – Masyarakat Indonesia yang kaya akan keanekaragaman hayati tentu akan memanfaatkan sebaik mungkin nilai fungsi dan kegunaannya. Terlebih beberapa jenis kayu juga dijadikan sebagai media untuk membangun rumah atau bangunan. Terlebih kayu juga menjadi bahan perabotan yang paling banyak digunakan seperti halnya meja, kursi, usuk genteng, almari dan sebagainya. Namun dari beberapa keunggulan yang dimiliki, terkadang berbanding terbalik pada kenyataan yang ada pada isi rumah. Seperti yang diketahui bahwa bahan material kayu sumber masalah utamanya adalah serangan serangga atau rayap. Serangga kecil yang mampu melubangi kayu ini umumnya adalah jenis rayap kayu kering aktif yang nantinya akan terus menjalar pada struktur kayu yang sudah diserang.

Seperti yang sudah diketahui bahwa serangga jenis rayap ini merupakan hama kayu yang paling banyak mengganggu di dalam rumah. Yang paling membahayakan ketika sudah mendapat serangan rayap adalah ketika penopang genteng yang terbuat dari kayu mengalami pengeroposan. Bisa jadi hal tersebut akan membuat bangunan atap bisa roboh. Maka dari itu diperlukan cara membasmi rayap agar kondisi bangunan yang ada didalam rumah bisa terhindar dari binatang kecil ini. Walaupun kualitas kayu yang kita gunakan memiliki ketahanan yang maksimal namun jika struktur kayu sudah mengalami proses pelapukan karena kelembapan suhu, akan sangat mungkin rayap akan membuat sarang di dalamnya.

Cara Membasmi Rayap Sampai Tuntas

Biasanya jika perabotan rumah sudah diserang rayap, akan mudah dikenali untuk segera membasminya. Tanda-tanda kemunculan rayap akan terlihat seperti ada serbuk-serbuk kecil dibawah kayu atau disekitar perabot, kusen kayu dan jendela menggelembung dan rapuh, selain itu juga sering bunyi dernyitan dari perabotan kayu dan yang lainnya. Akan tetapi tidak jarang beberapa pembangun rumah memang sudah mengantisipasi penggunaan jenis kayu yang memang rentan terkena serangan rayap. Beberapa diantaranya adalah kayu jenis jati, merbau, sengon laut dan juga kayu ulin. Namun bukan tidak jadi jika tidak di imbangi dengan perawatan, rayap juga akan merusaknya. Maka dari itu untuk mengatisipasinya, kami telah memberikan beberapa uraiannya dibawah ini.

Minyak Tanah

Salah satu langkah yang paling mudah untuk membasmi rayap adalah dengan menggunakan minyak tanah. Pemilik perabot rumah bisa menyemprotkan minyak tanah pada bagian kayu yang diserang oleh rayap. Usahakan bagian yang diseprot juga menyumber pada sarang utamanya. Cara membasmi rayap itu sendiri usahakan untuk melakukan penyeprotan secara berkala agar rayap tidak lagi membuat sarang ditempat yang sama. Jika dilakukan sekali, bisa jadi minyak tanah yang tidak lagi memberikan dampak, serangga kecil ini akan kembali membuat sarangnya.

Larutan Garam Dapur

Selain dengan menggunakan minyak tanah yang mungkin keberadaanya juga mulai sulit ditemukan, penggunaan bumbu dapur seperti garam juga bisa dilakukan untuk membuat rayap mati. Sedangkan cara membasmi rayap ini adalah larutkan garam dengan menggunakan air. Perbandingannya adalah usahakan untuk lebih banyak ditakaran garam dibanding air. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan penyeprotan yang dilakukan. Setelah itu seprotkan pada seluruh bagian kayu yang diserang serangga rayap.

Baca juga: Harga Kusen Kayu Terbaru

Pada dasarnya ada banyak cara membasmi rayap yang bisa dilakukan. Tidak hanya menggunakan kedua element yang sudah kami sebutkan sebelumnya, namun juga bisa menggunakan beberapa pilihan alternatif. Bisa juga menggunakan air rendaman tembakau yang sudah di diamkan selama semalam. Biasanya beberapa pemilik rumah memilih menggunakan pestisida anti rayap yang memang dikhususkan untuk membasmi hama ini. Hal ini mungkin bisa saja dilakukan, hanya saja bahan kimia yang ada didalamnya dikhawatirkan akan menyebar kemana-mana. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan mengganti perabotan kayu dengan menggunakan bahan material baja, alumium atau besi agar tidak lagi ada rayap yang menjadi pengganggunya.