Harga Anyaman Bambu Motif Terbaru 2018

Harga Anyaman Bambu – Dengan keanekaragaman hayati yang ada di wilayah Indonesia, pemanfaatan sumber daya alam semakin banyak digunakan dengan berbagai macam kreatifitas. Terlebih dengan macam tumbuhan yang saat ini sudah dimanfaatkan dalam berbagai fungsi salah satunya dari segi bangunan. Modern ini salah satu jenis tanaman yang digunakan adalah bambu, dimana alih fungsi bisa digunakan dalam menambah estetika. Nilai keindahan disini tidak hanya berupa keunikan dari bambu yang bisa dibuat kerajinan seperti topi, keranjang dan yang lainnya melainkan juga struktur rumah. Hal ini terbukti bahwa pada jaman dahulu banyak bangunan berdiri kokoh dengan menggunakan rakitan tiang bambu dan juga dinding yang juga terbuat dari anyaman bambu.

Pemanfaatan bambu yang saat ini sudah digunakan dengan dibuat menggunakan tehnik anyaman, tidak sedikit beberapa bangunan juga memberikan desain klasik kuno dalam rumahnya. Jika dibandingkan dengan dahulu banyak masyarakat desa yang menggunakan dinding dari bambu atau yang disebut rumah gedeg. Akan tetapi dengan banyaknya bangunan yang sudah berdiri menggunakan bahan semen, terkadang mereka juga memanfaatkan anyaman bambu sebagai nilai seni tersendiri. Misalnya saja digunakan untuk sekat ruangan, perabotan rumah tangga dan sebagainya. Selain harga anyaman bambu yang sangat masih terjangkau, alasan lain penghuni rumah memberikan ornamen bambu karena bisa menciptakan suasana yang sejuk, alami dan juga natural.

Harga Anyaman Bambu

Sebagai salah satu jenis tanaman rumput-rumputan yang berongga, bambu masih akan terus dimanfaatkan dalam mendekorasi sebuah bangunan. Akan tetapi jenis bambu yang digunakan untuk menganyam juga tidak boleh sembarangan karena setiap fungsinya berbeda-beda. Alasan yang mendasar dikarenakan pada sejumlah jenis bambu akan mempengaruhi kualitas atau ketahanan dari bambu itu sendiri, bahkan jika kualitasnya bagus juga bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun sering terkena hujan dan sengatan matahari. Namun yang masih menjadi momok dimasyarakat adalah dengan harga anyaman bambu yang masih murah, dianggap oleh para pengrajin anyaman pun tidak cukup dijadikan pekerjaan utamanya. Untuk melihat langsung harga anyaman bambu, kami sudah menyediakannya dibawah ini.

Harga Anyaman Bambu

  • Gedheg kasar (2×3)m aten harganya Rp.40.000,00
  • Gedheg hitam/ motif (2×3)m harganya Rp.90.000,00
  • Kursi satu set (4 kursi, 1 meja) harganya Rp.300.000,00
  • Eternit bambu harganya Rp.70.000,00/ meter

Pada umumnya jenis bambu yang banyak digunakan dalam sebuah bangunan adalah bambu batu / petung, bambu hitam, pring wulung, peri laka, bambu apus, dan juga pring apus. Dari masing-masing jenis tersebut tentunya juga berbeda-beda fungsinya. Tidak hanya dijadikan sebagai perabotan saja, tapi juga tanaman hias, pagar, plafon dan sebagianya. Selain itu harga bambu anyaman juga berbeda tergantung ukuran yang dibuat dan juga tingkat kesulitan dalam menganyam. Dengan harganya yang murah tentunya juga memberikan beberapa kekurangan jika menggunakan bambu, salah satunya rentan lapuk, reyot, rawan terkena hama jamur, lumut, rayap, bubuk, dan sejenisnya. Maka dari itu beberapa tempat seperti restoran, hotel, atau perumahan juga akan melakukan perawatan.