Harga Atap Sirap Terbaru 2018

Harga Atap Sirap – Untuk menciptakan bangunan yang memiliki nilai artistik, maka diperlukan desain dan juga pemilihan material yang juga memiliki kualiatas yang baik. Salah satu bagian yang menjadi corak utama adalah dekorasi atau pemasangan atap rumah. Pemasangan dan pemilihan jenis atap rumah memang beragam jenisnya, ada yang menggunakan atap spandek, beton, asbes, dan yang lainnya. Namun yang sekarang menjadi idola baru dikalangan kontraktor adalah penggunaan atap sirap. Penggunaan atap sirap atau genteng sirap merupakan jenis atap yang populer bagi mereka para pecinta rumah unik dan juga klasik. Hal ini dikarenakan bahan atau material dasar pembuatan atap ini adalah dari kayu ulin dan benuas. Akan tetapi kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kayu ulin sebagai pembuatan atap sirap karena dianggap tekstur kayu yang lebih rapat dan keras.

Pada umumnya penggunaan atap sirap sendiri mayoritas digunakan oleh penduduk rumah yang ada di Kalimantan. Secara tidak langsung bahan yang digunakan lebih banyak ada di wilayah Borneo dan beberapa wilayah lain yang mana harga atap sirah didaerah setempat lebih murah dibanding di Jawa. Secara umum atap sirap berbentuk lembaran-lembaran tipis yang memanjang. Ukuran setiap lembar atap sirap berkisar antara 58 x 6 x 0,3 cm sampai 58 x 6 x 0,5 cm. Biasanya atap sirap ini berbentuk panjang kerucut yang mana banyak pengguna yang mengganggap pemasangan atap secara mengerucut terkesan lebih elegant. Selain itu warnanya juga bervariasi, namun genteng sirap yang paling populer adalah yang berwarna coklat tua dan abu-abu tua.

Harga Atap Sirap

Penggunaan atap sirap tidak hanya digunakan pada bangunan kawasan perumahan, namun juga biasa digunakan pada bangunan bersejarah seperti, museum, keraton, balai konservasi dan lain-lain. Selain itu ada juga yang dipakai di tempat tempat ibadah seperti, masjid gereja dan juga beberapa penyedia sarana wahana wisata seperti hotel, cottage, bungalow, resort, gazebo dan yang lainnya. Namun dari masing-masing tempat umumnya memilih jenis atap ulin yang berbeda-beda sesuai ukuran dan juga harga atap sirap yang ditawarkan. Disamping itu tekhnik pemasangan atap yang berbahan dasar kayu ini juga berbeda dengan genteng pada umumnya. Maka dari itu, untuk melihat daftar harga atap sirap, berikut telah kami siapkan dibawah ini.

Harga Atap Sirap

Biasanya harga atap sirap dihitung per lembar, jadi tinggal anda hitung saja jika satu lembarnya saja mencapai Rp 3 ribuan dan dijual dengan hitungan per ikatan ikatan. Satu paket ikatan kayu biasanya berisi 20 genteng sirap. Tiap ikat harganya berkisar 100.000 rupiah. Kebutuhan tiap atap berbeda-beda namun jika diibaratkan ukuran atap rumah minimalis bisa menghabiskan 200-300 ikat, sehingga biaya untuk bahan atap sirap bisa mencapai hingga Rp 30jt. Biaya pasang sekitar 50rb-70rb per meter persegi.

Pemilihan pemasangan yang menggunakan atap sirap memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis genteng yang lain. Beberapa diantaranya atap ulin ini juga membuat rumah terasa sejuk karena sifat bahan yang alami dan juga natural. Selain itu bahanya yang dari kayu mampu meredam suara dengan baik sehingga suasana di dalamnya akan terasa damai dan tenang, walaupun sedang hujan tidak terdengar bising. Namun yang menjadi kekurangan atas kelebihannya tersebut adalah proses pemasangan atap sirap dianggap sulit dan membutuhkan tingkat keahlian yang sangat tinggi. Disisi lain harga atap sirap ulin sendiri juga tergolong mahal mengingat bahan yang digunakan juga terbilang sulit untuk diperoleh. Walaupun demikian, kesan klasik yang dihadirkan mampu membuat para penghuni rumah merasa betah untuk meninggalinnya.